Welcome 2 My Blog

Selamat datang di Blog Suka-Suka Mutheeid..

Jumat, 26 Maret 2010

Pengertian Norma- Norma

- Norma Agama
Norma agama berasal dari tuhan, pelanggarannya disebut dosa.
Norma agama adalah peraturan sosial yang sifatnya mutlak dan tidak dapat ditawar tawar atau diubah ukurannya karena berasal dari tuhan. Biasanya norma agama tersebut berasal dari ajaran agama dan kepercayaan2 lainnya (relihi). Pelanggaran terhadap norma ini dinamakan dosa.
Contoh : melakukan sembahyang kepada tuhan, tidak berbohong, tidak boleh mencuri, dan lain sebagainya.

- Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan adalah peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak, sehingga seseorang dapat membedakan apa yang dianggap baik dan aoa pula yang dianggap buruk. Pelanggaran terhadap norma ini berakibat sanksi pengucilan secara fisik (dipenjara, diusir) ataupun batin (dijauhi).
Contoh : orang yang berhubungan intim ditempat umum akan dicap tidak susila, melecehkan wanita atau laki-laki didepan orang

- Norma Kesopanan
Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang mengarahkan pada hal hal yang berkenaan dengan bagaimana seseorang harus bertingkah laku yang wajar dalam kehidupan bermasyyarakat. Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapatkan celaan, kritik, dan lain-lain tergantung pada tingkatan penggaran.
Contoh : tidak meludah di sembarang tempat, memberi atau menerima sesuatu dengan tangan kanan, kencing di sembarang tempat.

- Norma Kebiasaan
Norma kebiasaan adalah sekumpulan peraturan sosial yang berisi petunjuk sosial yang berisi petunjuk atau peraturan yang dibuat secara sadar atau tidak tentang perilaku yang diulang-ulang sehingga perilaku tersebut menjadi kebiasaan individu. Pelanggaran terhadap norma ini berakibat celaan, kritik, sampai pengucilan secara batin.
Contoh : membawa oleh-oleh apabila pulang dari suatu tempat, bersalaman ketika bertemju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar